RUPS ELIT : Cybersecurity dan AI Jadi Fokus Utama, ELIT Bagikan Dividen hingga Buyback di Tahun Ini

RUPS ELIT : Cybersecurity dan AI Jadi Fokus Utama, ELIT Bagikan Dividen hingga Buyback di Tahun Ini

JAKARTA 26, Juni 2024 – Emiten teknologi, PT Data Sinergitama Jaya Tbk (ELIT) atau Elitery mengincar pertumbuhan kinerja pada 2024 seiring dengan rencana penambahan kegiatan usaha. Selain itu, ELIT juga akan melaksanakan aksi korporasi buyback saham dan pembagian dividen. Hal tersebut diputuskan dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) dan RUPS luar biasa (RUPSLB) PT Data Sinergitama Jaya Tbk pada Rabu (26/6/2024) di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta Selatan. Usulan tersebut didasari oleh hasil kinerja perusahaan yang gemilang di tahun 2023 dan sebagai bentuk apresiasi kepada para pemegang saham. 

Elitery sebagai mitra Premier terkemuka dari Google Cloud sejak 2020, baru saja mendapatkan penghargaan sebagai Google Cloud Public Sector Partner of the Year untuk Asia Pasifik pada tahun 2024. Penghargaan bergengsi ini merupakan kemenangan kedua berturut-turut untuk Elitery dalam kategori ini, menyoroti komitmen, dedikasi, dan inovasi luar biasa dalam menyediakan solusi cloud canggih untuk organisasi sektor publik.

Bapak Kresna Adiprawira, Direktur Utama Elitery menegaskan bahwa Elitery terus berinovasi dalam kemajuan transformasi digital, salah satunya dengan memanfaatkan kekuatan Generative Artificial Intelligence (gen AI), melalui peluncuran Elipedia. Dirancang dengan menggabungkan kecanggihan AI dan platform Vertex AI dari Google Cloud, serta Large Language Model (LLM), Elipedia menjadi inovasi terbaru dari Elitery yang siap merevolusi sistem pengelolaan pengetahuan (knowledge management system) di era digital. Elipedia menandai kemajuan signifikan dalam pemanfaatan gen AI untuk menyederhanakan proses manajemen pengetahuan bagi bisnis. Perseroan optimis menghadapi 2024 seiring dengan perkembangan teknologi dan AI. 

Elitery menyadari semakin banyak organisasi dan perusahaan yang beralih ke teknologi cloud menghadapi tantangan keamanan baru. Oleh karena itu, Elitery menyediakan layanan keamanan yang menyeluruh bagi organisasi dan perusahaan yang beroperasi dalam ekosistem cloud. Dengan bermitra dengan CrowdStrike, pemimpin dalam Forrester Wave 2023 untuk Managed Detection and Response (MDR), Elitery menawarkan solusi threat detection, proactive threat hunting, dan respons terhadap insiden yang komprehensif.

Dengan memiliki keunggulan kompetitif berkat pengalaman dan rekam jejak perusahaan yang baik selama lebih dari 12 tahun dalam menyediakan jasa infrastruktur teknologi informasi, khususnya cloud. Elitery memiliki hampir 200 pelanggan dari berbagai sektor yang luas dan diversifikasi. Strategi ini dilakukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap satu pelanggan atau sektor tertentu, serta meningkatkan stabilitas dan keberlanjutan bisnis. Kepercayaan yang telah diberikan oleh perusahaan-perusahaan besar dari berbagai industri menegaskan reputasi dan keandalan ELIT dalam menyediakan solusi teknologi.

Elitery juga berencana  untuk melaksanakan penambahan kegiatan usaha penunjang sesuai dengan KBLI No. 62090 untuk aktivitas teknologi informasi dan jasa komputer lainnya, KBLI No. 6202 untuk aktivitas konsultasi komputer dan manajemen fasilitas komputer, dan KBLI No. 62015 aktivitas pemrograman berbasis kecerdasan artifisial. Hal ini menjadi salah satu strategi Perseroan untuk meningkatkan pangsa pasar dan menambah aliran pendapatan baru. 

Kresna Adiprawira, Presiden Direktur Elitery, mengatakan bahwa penambahan kegiatan usaha penunjang ini dilakukan seiring dengan perkembangan teknologi secara masif yang mendukung Elitery untuk terus berinovasi dalam meningkatkan mutu layanan dan juga memberikan berbagai opsi layanan kepada para pelanggan sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk tidak hanya meningkatkan pendapatan keseluruhan tetapi juga menciptakan diversifikasi sumber pendapatan. 

Pembagian Dividen dan Buyback Saham

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) ELIT juga memutuskan pembagian dividen sebesar Rp 10 miliar kepada para pemegang saham. Kresna Adiprawira, Presiden Direktur Elitery, menegaskan bahwa  kinerja positif tahun 2023 telah mengantarkan Perseroan meraih beberapa penghargaan dan memberikan hasil yang memuaskan. Ditambah kondisi pasar yang mendukung, hal ini memberikan banyak peluang bagi ELIT untuk terus berkembang dan meningkatkan layanan bisnis kepada pelanggan.

“Kami memutuskan pembagian dividen ini untuk memberikan nilai tambah kepada para pemegang saham Elitery. Oleh karena itu, keuntungannya juga dikembalikan kepada pemegang saham melalui pembagian dividen, sedangkan sisa keuntungan bersih Perseroan akan ditambahkan pada laba ditahan guna mendukung bisnis Perseroan untuk siap berlari lebih jauh lagi di tahun 2024,” tegasnya.

Mengutip laporan keuangan tahun buku 2023, Elitery mencatat laba bersih sebesar Rp 17 miliar di tahun 2023, meningkat 77% dibandingkan periode sebelumnya yang sebesar Rp 9,6 miliar pada tahun 2022. Pendapatan tahun 2023 tercatat sebesar Rp 319,6 miliar, naik 79% dari pendapatan tahun sebelumnya yakni Rp 178,6 miliar.

Sepanjang tahun 2023, laba kotor perusahaan juga mencapai Rp 73 miliar, meningkat 56% dibandingkan Rp 47 miliar pada tahun 2022. Sementara itu, total aset mengalami kenaikan 90%, mencapai Rp 228 miliar pada tahun 2023, dibandingkan dengan total asset tahun 2022 yaitu sebesar Rp120 miliar. Total ekuitas perseroan sebesar Rp120 miliar pada tahun 2023, naik 119% dibanding tahun sebelumnya yang sebesar Rp 55 miliar.

Di sisi lain, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) ELIT  juga memutuskan buyback saham Rp 2 miliar, dengan periode pembelian selama 12 bulan terhitung sejak persetujuan RUPS dan OJK. Aksi korporasi buyback saham ini diharapkan dapat memberikan sentimen positif terhadap saham ELIT agar lebih mencerminkan fundamental yang positif, di tengah fluktuasi pasar saham (IHSG) secara umum.

*****

Tentang Elitery:

Elitery (PT. Data Sinergitama Jaya Tbk) adalah perusahaan IT managed services yang bergerak di bidang teknologi informasi, khususnya teknologi cloud. Kami memiliki pengalaman lebih dari 12 tahun dan memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan kami. Dengan reputasi perusahaan yang baik, Elitery dipercaya oleh penyedia layanan Cloud kelas dunia seperti Google Cloud sebagai mitra “go to market” di Indonesia.

Sejak tahun 2011, Elitery sudah menangani banyak sistem “mission critical” yang diakses oleh puluhan juta pengguna setiap hari nya. Elitery juga sudah dipercaya pelanggan dari berbagai macam sektor, baik swasta maupun pemerintahan. Dengan berbekal pengalaman dan kompetensi yang Elitery miliki, kami yakin dapat menjadi mitra terpercaya untuk transformasi digital bagi organisasi Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi :

Astrid Erawan

Corporate Secretary

PT. Data Sinergitama Jaya

The Manhattan Square Tower B Lt. 22,

Jl. TB Simatupang, RT.3/RW.3, East Cilandak, Pasar

Minggu, South Jakarta City, Jakarta 12560

Telepon: (021) 7511004

Email : [email protected]

Scroll to Top

Download Sekarang